Rasa haru dan bangga menyelimuti segenap Pengurus Cabang Ma’arif Kabupaten Batang. Pasalnya, baru saja memboyong beberapa penghargaan dan dinobatkan sebagai juara umum kedua dalam Olimpiade Sains, Ke-NU-an, dan kompetensi LP Ma’arif NU Jawa Tengah (OSKANU) yang digelar di Kampus SMA Nasima Semarang pada 16-17 Desember 2017.
Tercatat ada 1.300 siswa – siswi MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA/SMK dilingkungan LP Ma’arif NU perwakilan dari 34 Cabang LP Ma’arif Kabupaten/kota di Jawa Tengah. Tujuh belas cabang ditanding dan dilombakan dalam ajang bergengsi tersebut. Diantaranya Olimpiade KE-NU-an, Matematika, IPA, IPS, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, Sosiologi, LKIR, dan Majalah Dinding 3Dimensi. Khusus jenjang SMK jenis yang diperlombakan terdiri dari Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Otomotif, LKS Teknik Komputer Jaringan, dan LKS Akuntansi.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Generasi Zaman Now yang berkarakter Aswaja An-Nahdliyah dan Berprestasi” dibuka oleh ketua LP Ma’arif Jawa Tengah H. Agus Sofwan Hadi. Upacara yang diselenggarakan di Hall Kaimana SMA Nasima dihadiri oleh ratusan peserta, pendamping, dan pengurus Cabang LP Ma’arif Se Jawa Tengah. Tampak hadir juga Direktur Kurikulum, Sarjana Kelembagaan dan Kesiswaan Kemenag RI Umar H.A. Umar, Ketua PP Ma’arif Arifin Junaidi, Syuriah PWNU Jateng Muhammad Adnan, Perwakilan Pemprov Jateng, Kemendikbud RI dan tamu undangan lainnya.

“Alhamdulilah kita mendapat medali emas.
Kegiatan ini sangat bagus untuk mengemban bakat peserta didik khususnya untuk SMK kami dan Sekolah lain pada umumnya ” Ungkap Amin Zaenudin Kepala SMK Ma’arif NU 01 Limpung. Selain menyabet juara I dari cabang lomba LKS Akuntansi, kabupaten batang meraih juara I untuk cabang lomba Olimpiade Kenuan MA, LKS TKJ, LCT Aswaja MA, LCT Aswaja MI. Juara II cabang lomba LKIR IPS MTs, dan Juara III untuk LKIR IPA MTs. Secara Keseluruhan perolehan medali kabupaten Batang Emas 5, Perak 1 dan perunggu 1. Dalam OSKANU tersebut Kab. Batang dinobatkan sebagai urutan kedua setelah kabupaten Pati yang unggul beberapa point dan berhasil menjadi Juara umum